4 Cara Melacak HP yang Hilang dengan Mudah

Cara Melacak HP yang Hilang

Sebagian besar pengguna HP mungkin pernah mengalami kehilangan HP, baik itu karena lupa tempat menyimpannya, jatuh, atau dicuri orang. Pastinya ketika hilang, Anda akan sangat panik dan bingung bagaimana cara melacak HP yang hilang tersebut, terlebih jika HP dalam keadaan mati. Lalu bagaimana sih cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati? Apakah bisa HP yang hilang karena jatuh atau dicuri tersebut bisa ditemukan?

Tentunya ada cara yang bisa adilakukan, yakni melacaknya dengan HP lain, melalui GPS, dan bisa juga menggunakan bantuan aplikasi pelacak HP Android yang bernama Find My Device. Tentunya semua cara tersebut hanya bisa dilakukan pada HP yang menggunakan sistem operasi Android.

Smartphone yang hilang dalam keadaan mati adalah kondisi yang paling buruk saat ingin melacaknya. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena masih ada beberapa cara melacak HP yang hilang yang kemungkinan berhasil jika digunakan meski HP dalam keadaan mati. Nah, untuk itu kali ini akan dibagikan mengenai cara melacak smartphone hilang baik dalam keadaan mati maupun hidup.

Cara melacak HP yang hilang dengan Email

Cara Melacak HP yang Hilang

Menggunakan Email adalah salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk melacak HP yang hilang dalam keadaan mati, utaman untuk smartphone Android. Namun, sebelumnya Anda harus memastikan terlebih dahulu jika email yang akan digunakan sama dengan email yang ada di HP hilang. Dari email tersebut nantinya Anda bisa melakukan pelacakan HP.

cara melacak HP yang hilang dalam kondisi mati dengan email sebenarnya digunakan dengan memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh Google pada HP Android. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika ingin menggunakan cara ini. Silahkan ikuti setiap langkah yang ada di bawah ini:

  • Silahkan akses halaman website Gmail, Anda disarankan untuk menggunakan laptop.
  • Setelah halaman terbuka silahkan masukkan email dan kata sandi Anda dan klik berikutnya.
  • Setelah berhasil masuk, klik ikon dengan tiga titik yang letaknya berada pada bagian kanan atas.
  • Berikutnya masuk ke Akun Google (Google Account) dan gulir ke bawah.
  • Lanjut dengan memilih opsi Temukan Ponsel Anda.
  • Selanjutnya pilih HP yang hilang yang tersedia di halaman yang terbuka.
  • Pilih opsi Temukan.
  • Nantinya Anda akan dialihkan ke Google Maps yang menunjukkan dimana lokasi HP berada.
Baca Juga:  Cara Mengubah PDF ke Word Gratis

Untuk melakukan pelacakan HP hilang dengan menggunakan email, tentunya Anda membutuhkan perangkat yang memiliki baterai yang cukup. Karena proses pelacakan HP biasanya menguras lebih banyak daya baterai karena menggunakan fungsi GPS.

Melacak HP dengan Google Maps

Cara Melacak HP yang Hilang

Berikutnya Anda juga bisa langsung menggunakan aplikasi Google Maps untuk melakukan pelacakan HP yang hilang dalam keadaan mati. Google Maps memang menyediakan beberapa fitur seperti My Location, Driving Direction, Business Listing dan fitur lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pelacakan HP. Untuk menggunakan cara ini, silahkan ikuti langkah berikut ini.

  • Pertama silahkan buka aplikasi Google Maps.
  • Lalu, masuk ke menu Setting, dan pilih Bagi Lokasi.
  • Pilih waktu pelacakan, bisa satu jam ataupun waktu perkiraan kapan HP hilang.
  • Berikutnya pilih Orang dan isikan alamat email dan nomor HP yang digunakan pada HP yang hilang.
  • Kemudian klik Bagikan, dan klik Aktifkan.
  • Tunggu hingga 24 jam untuk mengetahui lokasi HP yang hilang.

Cara melacak HP Android hilang menggunakan Google ADM

Google ADM atau (Android Device Manager) juga merupakan aplikasi bawaan yang sudah disediakan oleh Google yang memiliki fungsi utama untuk melacak lokasi HP yang hilang. Untuk menggunakan cara ini ada syarat yang harus dipenuhi yakni HP yang hilang GPS-nya dalam keadaan aktif. Bagi Anda yang ingin mencoba cara ini, silahkan ikuti langkahnya dibawah ini.

  • Silahkan gunakan gadget atau laptop lain untuk login ke ADM dengan menggunakan akun Google untuk login.
  • Setelah Anda memasukkan email dan kata sandinya, klik Accept.
  • Nantinya Anda akan melihat nama smartphone yang terhubung dengan alamat email yang digunakan. Klik pada smartphone yang hilang.
  • Berikutnya Anda akan melihat lokasi HP hilang berada.
Baca Juga:  Inilah 4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel yang Mudah Dilakukan

Jika ADM tidak muncul, mungkin HP yang hilang tersebut mengalami gangguan atau mati total dengan sistem yang rusak. Cara yang satu ini memang tidak seefektif penggunaan Google Maps.

Cara melacak HP yang hilang dengan IMEI

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI sendiri adalah sebuah nomor identitas unik yang dimiliki setiap smartphone. Biasanya IMEI terdiri dari jajaran angka yang berjumlah 15 hingga 16 digit. Nomor IMEI biasanya bisa Anda lihat pada stiker di bagian bodi perangkat ataupun dalam pengaturan HP.

Nah, setelah mendapatkan nomor IMEI, Anda bisa menghubungi operator untuk melacak HP yang hilang. Namun, perlu Anda ketahui cara ini bisa dilakukan jika HP yang hilang punya koneksi internet, GPS dalam keadaan aktif, dan HP menyala.

Aplikasi untuk melacak HP yang hilang

Untuk melacak HP yang hilang Anda juga bisa menggunakan bantuan beberapa aplikasi lain yang memang memiliki fungsi untuk melakukan pelacakan HP. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan.

  1. Find My Device

Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi bawaan yang biasanya sudah tersedia di HP Android.

  1. Find My Mobile

Aplikasi ini adalah aplikasi yang hampir sama dengan aplikasi Find My Device, namun merupakan aplikasi bawaan yang ada di setiap HP Samsung.

  1. Family Locator

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengetahui keberadaan keluarga atau orang terdekat. Aplikasi ini bisa melacak lokasi secara real time.

Adapun aplikasi lainnya diantaranya:

  • Life360
  • Lost Phone Tracker
  • Where’s My Droid

Akhir Kata

Itulah beberapa cara melacak HP yang hilang yang bisa Anda lakukan. Saat HP hilang tentu setiap orang akan panik, karena HP merupakan salah satu perangkat pendukung kegiatan sehari-hari dan didalamnya juga terdapat berbagai macam data penting.

Baca Juga:  Berikut Ini Adalah Cara Mirror Gambar Yang Ada Di Photoshop