Begini Cara Daftar Prakerja di 2021

Akhir-akhir ini banyak warga Indonesia yang ramai mencari cara daftar Prakerja. Program ini dapat membantu 2 juta orang tenaga kerja untuk meningkatkan keterampilan melalui pelatihan online maupun offline. Namun apakah kalian sudah benar benar paham pengertian dan tujuan Prakerja? Atau hanya ikut-ikutan saja?

Apa Itu Kartu Prakerja?

kartu prakerja

Prakerja, tepatnya program Kartu Prakerja adalah program dari pemerintah Indonesia dalam rangka pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Bantuan ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, dan pelaku usaha mikro dan kecil.

Jadi, jika ada yang menganggap Kartu Prakerja itu menggaji pengangguran, salah! Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kompetensi kerja. Anda juga tidak harus menjadi pengangguran untuk bisa mendaftar kartu prakerja. Semua syarat-syaratnya sudah kami rangkum di pin berikutnya.

Anda perlu mempelajari seluruh aspek penting dari program Kartu Prakerja sebelum memutuskan untuk mendaftar. Mengapa? Agar di tengah jalan tidak terjadi kebingungan. Membaca adalah tahap pertama yang harus anda lakukan. Berikut kami rangkum hal-hal penting yang perlu anda ketahui mulai dari syarat mendaftar, langkah-langkah yang akan ditempuh dari awal, cara mendaftar, hingga mitra Kartu Pra Kerja Yang dapat anda kunjungi terlebih dahulu.

 

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Sebelum mendaftarkan diri ke bantuan pemerintah yang satu ini anda perlu tahu syarat-syaratnya agar ketika mengisi formulir anda tidak tersandung dengan persyaratan yang seharusnya sudah anda siapkan dari awal, juga persyaratan yang seharusnya anda miliki namun ternyata tidak. Berikut persyaratannya:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas.
  2. Anda tidak sedang menempuh pendidikan formal (tidak sedang bersekolah di SMA, kuliah, akademi, atau pendidikan formal lainnya).
  3. Anda adalah orang yang:
    • Sedang mencari kerja
    • Pekerja/ buruh yang terkena PHK
    • Pekerja/ buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja
    • Pekerja/ buruh yang dirumahkan
    • Pekerja bukan penerima upah
    • Pelaku usaha mikro & kecil
  4. Anda bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  5. Anda tidak termasuk golongan pemegang jabatan berikut:
    1. Pejabat Negara
    2. Pimpinan dan Anggota DPRD
    3. ASN
    4. Prajurit TNI
    5. Anggota Polri
    6. Kepala Desa
    7. Direksi/ Komisaris/ Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang dapat menerima kartu prakerja.
Baca Juga:  Cara Daftar Npwp Online Beserta Petunjuknya, Mudah Dan Anti Ribet

 

Langkah Mendapatkan Kartu Prakerja

Setelah mengetahui persyaratannya, anda perlu mengetahui langkah-langkah besar yang perlu ditempuh untuk mendapatkan dan menggunakan Kartu Prakerja agar gambaran anda lebih luas.

  1. Pendaftaran
    Di tahap ini anda akan mendaftarkan diri. Ketahui syarat-syaratnya, siapkan email, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), dan nomor telepon/ handphone yang masih aktif untuk mendaftar.
  2. Seleksi
    Di tahap ini anda akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang. Setelah mengikuti tahap ini anda tinggal menunggu pengumuman hasilnya.
  3. Pemilihan Pelatihan
    Di tahap ini anda akan memilih pelatihan yang anda minati di Mitra Platform Digital dan membayarnya dengan Kartu Prakerja.
  4. Mengikuti Pelatihan
    Di tahap ini anda akan mengikuti pelatihan yang anda pilih dan mendapatkan sertifikat.
  5. Memberi Rating dan Ulasan
    Di tahap ini anda akan memberi rating dan ulasan terhadap pelatihan yang anda ikuti.
  6. Mendapatkan Insentif Biaya Mencari Kerja
    Di tahap ini anda akan menyambungkan rekening/e-wallet di salah satu Mitra Pembayaran untuk mendapat insentif Rp 600.000,- per bulan selama 4 bulan setelah anda menyelesaikan pelatihan.
  7. Mendapatkan Insentif Pengisian Survei Evaluasi
    Di tahap ini anda akan mengisi 3 survei. Anda akan mendapatkan Rp 50.000,- untuk setiap survei yang anda isi.

 

Cara Daftar Kartu Prakerja

Anda dapat mendaftar Kartu Prakerja melalui smartphone dan Personal Computer (PC)

Cara Daftar Akun Prakerja:

  1. Buka browser anda, masuk ke www.prakerja.go.id
  2. Masukkan nama lengkap anda, email, beserta kata sandi.
  3. Klik Daftar
  4. Verifikasi akun Prakerja di email anda.
  5. Buka email anda dan lakukan verifikasi melalui email. Klik link yang ada di email
  6. Pendaftaran sudah berhasil. Sekarang anda sudah memiliki kartu prakerja.
Baca Juga:  Cara Daftar EForm BRI UMKM dan Cek Penerimanya

Cara Membuat Akun Prakerja:

  1. Login/ masuk menggunakan akun yang sudah anda buat di langkah sebelumnya.
  2. Setelah berhasil, masuk ke Dashboard.
  3. Verifikasi nomor KTP anda. Isi nomor KTP dan Tanggal Lahir sesuai KTP.
  4. Klik Berikutnya.
  5. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan selfie dengan KTP anda.
  6. Lakukan verifikasi nomor telepon. Klik Kirim.
  7. Setelah selesai verifikasi KTP, mengisi data diri, dan verifikasi nomor telepon, isi deklarasi survei. Pilih Iya, sudah.
  8. Selanjutnya anda akan melakukan tes.
  9. Setelah selesai tes, ikuti seleksi batch.
  10. Pilih batch yang sesuai dengan minat anda disesuaikan dengan domisili anda.
  11. Setelah tahap tadi, pendaftaran sudah selesai.
  12. Anda tinggal menunggu proses evaluasi pendaftaran. Notifikasi akan dikirimkan ke akun Prakerja dan email anda. jadi, tetap update ya!

 

Mitra Kartu Prakerja

Kartu Prakerja menjalin mitra dengan perusahaan-perusahaan ciptaan anak bangsa yang berkualitas dan terpercaya. Dua jenis mitra yang ada pada Kartu Prakerja adalah platform digital dan platform pembayaran.

Platform Digital

Platform digital yang dimaksud disini adalah platform yang akan anda gunakan untuk mengambil pelatihan. kami sarankan anda mengunjungi website resminya dulu untuk mensurvei kursus apa yang paling cocok dengan kebutuhan anda. Ada juga marketlace yang menyediakan kursus. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Kemnaker
    Kemnaker yang dimaksud adalah Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia.Kunjungi website Kemnaker di kemnaker.go.id.
  2. Tokopedia
    Iya, marketplace favorit anda ini juga menjadi platform digital tempat anda belajar. Marketplace ini merupakan buatan anak negeri yang menjadi salah satu unggulan negara. Bagi anda yang merupakan pengusaha mikro dan kecil, platform ini cocok untuk anda. Kunjungi websitenya di tokopedia.co.id.
  3. Bukalapak
    Bukalapak yang identik dengan penjualan barang-barang besar ini juga merupakan marketplace kebanggaan Indonesia. Anda yang merupakan pengusaha mikro dan kecil wajib mengunjungi platform ini. Kunjungi websitenya di bukalapak.co.id.
  4. Karier.mu
    Karier.mu merupakan platform kursus online yang menyediakan berbagai macam pelajaran mulai dari public speaking, bahasa Inggris, bisnis, hingga menjadi konten kreator! Kunjungi websitenya di karier.mu.
  5. Pintaria
    Pintaria juga merupakan platform kursus online yang menyediakan berbagai macam pelajaran. Kunjungi websitenya di pintaria.com.
  6. MauBelajarApa
    Platform ini juga merupakan platform kursus online yang menyediakan berbagai macam pelajaran. Tampilannya sangat lengkap menyortir pelajaran dari berbagai bidang. Kunjungi websitenya di maubelajarapa.com.
  7. Pijar mahir
    Pintaria juga merupakan platform kursus online yang menyediakan berbagai macam pelajaran. Tampilannya sangat user friendly, lho. Kunjungi websitenya di pijarmahir.id.
Baca Juga:  Cara Membuat Slime Sendiri Di Rumah, Mudah Dan Menyenangkan

Mitra Pembayaran

Mitra pembayaran disini adalah mitra yang menjadi perantara anda dalam menerima insentif. Pastikan anda sudah memiliki akunnya, ya.

  1. BNI
  2. OVO
  3. LinkAja
  4. Gopay
  5. Dana

Untuk informasi pendaftaran lebih lanjut anda bisa langsung menuju www.prakerja.co.id untuk mendapatkan detail pendaftaran. Ayo semangat selalu untuk berdayaguna!