3 Cara Daftar Listrik Gratis Subsidi Pemerintah di Masa Pandemi

Cara Daftar Listrik Gratis

Selama masa pandemi ini pemerintah menghadirkan berbagai macam bantuan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak. Salah satunya dengan menghadirkan bantuan subsidi listrik untuk berbagai kalangan, mulai dari rumah tangga hingga UMKM yang memang sangat terkena dampak dari pandemi COVID-19 saat ini.

Dengan hadirnya subsidi listrik dari pemerintah, tentunya akan sangat membantu bagi setiap lapisan masyarakat untuk meringankan beban yang ada. Ketentuan subsidi listrik atau listrik gratis ditujukan pada pelanggan pascabayar 450 VA, pascabayar 900 VA, dan prabayar 900 VA.

Nah, untuk bisa mengetahui cara daftar listrik gratis dari pemerintah ini, Anda tentunya harus memenuhi beberapa ketentuan dan syarat berikut.

  • Tergolong Rumah Tangga Miskin
  • Daya Listrik 450 VA dan 900 VA
  • Kategori Pelanggan B1 atau I1
  • Berada di Wilayah 3T

Ketentuan Baru Subsidi Listrik 2021

Cara Daftar Listrik Gratis

Bagi Anda pelanggan yang menggunakan listrik dengan daya 450 VA dan merupakan pelanggan pasca bayar akan mendapatkan subsidi listrik gratis. Sedangkan untuk pelanggan dengan daya 900 VA baik prabayar maupun pascabayar hanya akan mendapatkan diskon sebesar 50% untuk pembayaran tagihan atau pembelian token listrik.

Selain untuk pengguna rumah tangga, bagi Anda yang menjalankan bisnis dan industri yang menggunakan daya 450 VA juga akan mendapatkan diskon listrik sebesar 100% alias gratis. Namun, disayangkan karena untuk pengguna bisnis dan industri untuk daya 900 VA tidak mendapatkan diskon seperti pada penggunaan rumah tangga melainkan hanya .

Untuk mengetahui lebih jelas perbedaan ketentuan subsidi listrik yang terjadi selama dua tahun ini di masa pandemi, Anda bisa melihat perbedaan antara tahun 2020 dan 2021 pada tabel yang disediakan di bawah ini.

No Ketentuan Subsidi Listrik 2021 Ketentuan Subsidi Listrik 2020
1. Akan dilakukan pembatasan pemberian subsidi listrik pada jam nyala, antara lain:

– 720 jam per bulan untuk pelanggan pascabayar 450 VA dan pascabayar 900 VA

– Jika lewat dari batasan 720 jam, maka pelanggan akan dikenakan tarif normal, yang artinya pengguna harus membayar secara mandiri kelebihan pemakaiannya.

Pelanggan 450 VA (R1/B1/I1) akan memperoleh diskon sebesar 100 persen tanpa batasan waktu dalam sebulan. Sedangkan untuk pelanggan yang menggunakan daya R1 900 VA akan memperoleh diskon 50% tanpa batasan waktu.
2. Pelanggan prabayar harus melakukan pembelian token terlebih dahulu untuk mendapatkan diskon. Ketentuan tersebut berlaku untuk setiap pelanggan prabayar R1 900 VA. Sementara untuk diskon 50% akan langsung diperoleh secara otomatis saat pembelian. Pelanggan sudah bisa memperoleh token listrik gratis/diskon sebelum membeli token

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Indonesia.go.id, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan jika perubahan yang dilakukan terhadap mekanisme untuk memperoleh subsidi listrik bertujuan agar subsidi listrik yang disalurkan bisa tepat sasaran. Artinya, perubahan ini dilakukan agar nantinya tidak ada masyarakat golongan lain atau diluar dari ketentuan yang sudah ditetapkan memperoleh subsidi secara cuma-cuma.

Tak hanya itu, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menjelaskan jika adanya perubahan pada pembatasan maksimal penggunaan daya listrik ditujukan agar PLN bisa mengetahui berapa besaran konsumsi energi dari pelanggan yang menerima bantuan subsidi listrik ini dari pemerintah.

Cara daftar listrik gratis atau Subsidi Listrik

Cara Daftar Listrik Gratis

Bagi Anda yang sudah memenuhi ketentuan dan syarat yang ada di atas Anda tinggal menggunakan beberapa cara yang akan dibagikan di artikel kali ini. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa memperoleh listrik gratis atau diskon tagihan listrik dari pemerintah, yakni

  • Pelanggan pascabayar, untuk pelanggan pascabayar artinya akan memperoleh diskon biaya listrik secara langsung ke dalam tagihan masing-masing pelanggan.
  • Pelanggan prabayar atau yang menggunakan token, bisa mendapatkan subsidi tersebut melalui tiga cara, antara lain:

1. Cara daftar listrik gratis melalui Situs PLN

  • Silahkan buka browser di laptop atau HP Anda, kemudian kunjungi website resmi PLN di pln.co.id.
  • Setelah itu, silahkan pilih menu Stimulus Covid-19 (token gratis/diskon)
  • Lalu, Anda tinggal memasukkan identitas diri (ID) pelanggan atau bisa juga menggunakan nomor meteran listrik yang digunakan.
  • Berikutnya di layar akan ditampilkan nilai token gratis/diskon yang diperoleh.
  • Terakhir, pelanggan tinggal memasukkan kode token gratis yang sudah diperoleh ke meteran sesuai dengan ID pelanggan yang tadinya di input.

2. Cara daftar listrik gratis melalui WhatsApp

  • Buka aplikasi WhatsApp Anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu, silahkan chat ke nomor 08122-123-123.
  • Nantinya, Anda akan mendapatkan petunjuk yang harus dilakukan, silahkan ikuti arahan dari petugas diantaranya dengan memasukkan ID pelanggan.
  • Berikutnya, Anda tinggal menunggu token gratis/diskon muncul.

3. Cara daftar listrik gratis melalui Aplikasi PLN

  • Silahkan download terlebih dahulu aplikasi PLN Mobile melalui google Play Store atau App Store.
  • Setelah terinstal, silahkan buka aplikasinya langsung.
  • Lanjut dengan klik PLN Peduli Covid-19 pada bagian info dan promo
  • Lalu, masukkan ID pelanggan atau nomor meteran
  • Nantinya Anda akan melihat token gratis/diskon akan muncul
  • Anda tinggal memasukan token gratis/diskon yang sudah diperoleh ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan

Akhir Kata

Jika pelanggan menggunakan listrik secara berlebihan tanpa ada batasan penggunaan, biasanya akan membuat tagihan terlampau banyak, bahkan bisa melebihi batas maksimal yang sudah ditentukan sebelumnya oleh pemerintah. Untuk itu, agar pelanggan PLN tetap bisa mendapatkan subsidi yang diberikan pemerintah, harus menggunakan listrik dengan hemat.

Cara untuk membatasi listrik juga cukup mudah, Anda tinggal mematikan lampu yang sudah mendapatkan cahaya dari luar ruangan dan matikan pula lampu pada ruangan yang tidak digunakan. Selain itu, penggunaan elektronik yang membutuhkan watt tinggi harus dibatasi.

Baca Juga:  Cara Membuat Slime Sendiri Di Rumah, Mudah Dan Menyenangkan