Cara Daftar EForm BRI UMKM dan Cek Penerimanya

cara daftar eform bri

UMKM adalah salah satu bagian penting dalam perekonomian Indonesia. Untuk mendukung keberadaan UMKM, pemerintah menghadirkan program bantuan sosial yang bisa diakses melalui Eform BRI.

Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM adalah badan usaha perseorangan atau kelompok yang menghasilkan pendapatan paling banyak Rp 2,5 Miliar setiap tahun. Meskipun disebut sebagai usaha mikro, kecil, dan menengah, UMKM punya peranan penting dalam stabilitas perekonomian negeri.

Saat terjadi krisis moneter pada tahun 1998 lalu, UMKM membuat perekonomian tanah air tetap berjalan. Oleh karena itu, pemerintah memberi perhatian khusus bagi setiap pemilik UMKM. Lalu bagaimana cara daftar Eform BRI UMKM dan cek penerimanya, informasi tersebut akan dibahas di artikel kali ini.

Apa Itu Eform BRI UMKM?

Eform BRI adalah formulir elektronik yang dikelola oleh Bank Rakyat Indonesia atau BRI yang ditujukan khusus untuk penerima BPUM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro untuk UMKM. Dengan hadirnya Eform tersebut, setiap pelaku UMKM bisa dengan mudah mengakses bantuan yang mereka terima.

Penerima bantuan BPUM ini dibagi kedalam 2 kelompok, yakni penerima bantuan UMKM baru dan penerima bantuan UMKM lama. Informasi mengenai penerima BPUM ini bisa diakses langsung melalui Eform BRI. Sebenarnya UMKM membutuhkan beberapa jenis bantuan selama masa pandemi ini, diantaranya adalah bantuan internet terjangkau, dana usaha, penciptaan pasar, pengurangan biaya usaha, kemudahan usaha, kemudahaan pajak, bantuan ketenagakerjaan, layanan untuk melakukan konsultasi, dan beberapa bantuan lainnya.

Syarat Penerima Bantuan Sosial BPUM untuk UMKM

cara daftar eform bri
Foto: gemasulawesi.com

Selama pandemi, UMKM terkena dampak yang sangat signifikan. Selain berkurangnya pelanggan, UMKM juga merasakan jika bahan produksi menjadi naik. Untuk itu, jika UMKM ingin mendapatkan bantuan BPUM dari pemerintah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Baca Juga:  Cara Membuat Slime Sendiri Di Rumah, Mudah Dan Menyenangkan

Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi yang tercatat dalam Permenkop UKM nomor 2 tahun 2021.

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Mempunyai KTP elektronik atau E-KTP
  3. Mempunyai usaha mikro dengan bukti surat usulan calon penerima BUMP dari pengusul dilengkapi dengan lampiran yang dibutuhkan.
  4. Pelaku UMKM tersebut tidak terdaftar sebagai aparatur sipil negara atau ASN, anggota TNI – POLRI, dan bukan merupakan pegawai BUMN maupun pegawai BUMD.

Syarat yang disebutkan di atas cukup mudah untuk dipenuhi. Harapannya, setiap pelaku UMKM yang sedang membutuhkan dana bantuan untuk pengembangan bisnis bisa mengikuti program ini. Untuk mendaftar dalam program BPUM, Anda bisa langsung datang ke Dinas Koperasi dan UMKM kabupaten atau kota tempat tinggal Anda berada. Pastikan Anda datang ke kantor pada saat jam kerja.

Cara Daftar Eform BRI UMKM

Agar bisa terdaftar sebagai penerima bantuan ini, silahkan isi formulir yang ada di situs https://eform.bri.co.id/bpum. Anda bisa mengakses situs tersebut melalui laptop, PC, atau smartphone. Pastikan jika Anda punya koneksi internet yang stabil sehingga bisa mengaksesnya tanpa kendala. Di situs tersebut nantinya Anda bisa membuka laman pendaftaran dengan cara klik di mobil tiga garis yang terletak pada bagian pojok kanan atas.

Pada bagian pendaftaran nantinya juga akan dijelaskan secara singkat mengenai jenis tabungan yang bisa digunakan untuk mendaftar, termasuk penjelasan mengenai fasilitas apa yang akan diperoleh. Silahkan baca baik-baik bagian tersebut lalu pelajari setiap kelebihan dan kekurangannya, Jika sudah mempelajarinya, silahkan klik Registrasi untuk melanjutkan proses pendaftaran.

Setelah selesai dengan penjelasan mengenai tabungan, Anda akan melihat halaman yang berisi tulisan yang berisi syarat dan ketentuan untuk membuka rekening di Eform BRI. Silahkan baca ketentuannya dengan baik, lalu ceklis pada bagian persetujuan yang ada di bagian bawah dari laman. Kemudian lanjut dengan klik buka rekening. Anda nantinya juga akan mendapatkan pertanyaan apakah sudah punya rekening di bank BRI. Silahkan jawab ya atau tidak.

Baca Juga:  Inilah 4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel yang Mudah Dilakukan

Tahap selanjutnya pada proses pendaftaran Eform BRI adalah melakukan pengisian formulir yang disediakan dengan benar dan sesuai dengan kondisi yang ada saat itu, Formulir tersebut berupa data diri dan keluarga dan beberapa data lain yang dibutuhkan.

Jika sudah selesai mengisi formulir, nantinya akan muncul nomor referensi. Silahkan catat nomor yang muncul di kertas, notes atau smartphone. Nomor referensi ini nantinya akan digunakan untuk melakukan aktivasi pendaftaran pada kantor cabang BRI terdekat. Setelah proses aktivasi berhasil, rekening yang Anda buat akan bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Cara Cek Penerima Bantuan UMKM

Anda juga bisa menggunakan Eform BRI untuk melakukan pengecekan penerima bantuan UMKM. Bagi Anda yang sudah daftar bantuan sosial, cara pengecekan status bantuan di Eform BRI UMKM dengan cara berikut:

  1. Silahkan buka terlebih dahulu sius resi dari Eform BRI. Abda bisa mengaksesnya melalui https://eform.bri.co.id/bpum.
  2. Jika sudah berhasil masuk ke halaman tersebut, Anda tinggal login dengan menggunakan KTP elektronik yang Anda miliki. Pastikan jika nomor KTP elektronik Anda sudah didaftar terlebih dahulu oleh pengusul bantuan UMKM tersebut.
  3. Langkah berikutnya silahkan isi kode verifikasi, lalu klik “inquiry”.

Jika semua langkah tersebut sudah Anda lakukan, akan muncul keterangan jika KTP Anda sudah terdaftar sebagai penerima bantuan UMKM atau BPUM. Anda juga akan diminta untuk melakukan verifikasi, yang bisa dilakukan di cabang BRI terdekat dengan membawa KTP sebagai barang bukti.

Jika verifikasi gagal, nantinya dilayar akan muncul notifikasi yang menyatakan jika nomor KTP elektronik yang Anda masukkan tidak terdaftar sebagai penerima bantuan. Artinya, Anda tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah. Salah satu alasan kegagalan adalah adanya syarat yang tidak terpenuhi.

Baca Juga:  Cara Daftar Bantuan Umkm, Lengkap Dengan Syarat Dan Cara Cek Penerimanya

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai bagaimana cara daftar Eform BRI UMKM dan cek penerimanya. Dengan hadirnya bantuan dari pemerintah ini, diharapkan setiap UMKM yang terkena dampak langsung dari pemberlakuan PPKM selama pandemi bisa sedikit terbantu.