Cara Daftar Bantuan Umkm, Lengkap Dengan Syarat Dan Cara Cek Penerimanya

Bantuan UMKM

Cara daftar bantuan UMKM – Bantuan untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) saat ini telah menjadi salah satu cara alternatif untuk mempertahankan produktivitas usaha. UMKM merupakan salah satu sektor yang banyak mengalami fluktuasi akibat pandemi covid-19. Oleh karena itu, pemerintah memberikan sedikit bantuan kepada pelaku UMKM sebesar Rp. 1,2 juta untuk setiap usaha yang dimiliki masyarakat. Program yang satu ini merupakan komitmen serta janji pemerintah dalam mendorong sektor UMKM supaya tetap eksis meski di tengah krisis pandemi.

 

Apa Itu Bantuan UMKM?

Bantuan UMKM merupakan salah satu program produktif usaha mikro (BPUM) Dimana program tersebut merupakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada para pelaku UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pelaku UMKM yang telah menerima bantuan tersebut pada tahun lalu juga bisa mendaftarkan diri kembali dan mendapatkan bantuan tersebut pada tahun ini.

Bantuan UMKM ini rencananya akan diberikan kepada 12,8 juta para pelaku usaha yang tersebar di Indonesia. Dimana tiap UMKM akan mendapatkan bantuan senilai Rp. 1,2 juta. Program ini diharapkan dapat digunakan untuk meneruskan usaha, penambahan modal, dan keperluan promosi serta pemasaran produk-produknya.

 

Cara Daftar Bantuan UMKM

Sebelum mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah, Anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. Namun ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi sebagai calon penerima bantuan tersebut. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus Anda penuhi.

  1. Pelaku UMKM harus memiliki status sebagai warga negara Indonesia (WNI)
  2. Hal diatas harus dibuktikan dengan adanya nomor induk penduduk atau NIK para pelaku usaha
  3. Pemilik UMKM tidak boleh berasal dari bagian prajurit TNI, Polri, ASN (Aparatur Sipil Negara), anggota BUMN (Badan Usaha Milik Negara), atau anggota BUMD (Badan usaha milik daerah)
  4. Usaha yang Anda miliki sedang tidak didanai oleh kredit bank maupun kredit usaha rakyat
  5. Pemilik UMKM yang memiliki alamat berdasarkan KTP dengan alamat tempat usaha, maka harus menyertakan surat keterangan usaha (SKU)

Selain lima syarat yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu menyiapkan beberapa berkas yang harus dipenuhi. Apa saja berkas-berkasnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. NIK atau Nomor Induk Kependudukan (Siapkan KTP)
  2. Alamat domisili ataupun alamat sesuai dengan KTP
  3. Bidang usaha yang akan disetorkan
  4. Nomor telepon Anda yang masih aktif
  5. Jika usaha Anda berada di tempat lain, maka Anda perlu menyiapkan SKU atau Surat Keterangan Usaha

Setelah semua syarat tersebut terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah mendaftar. Bagaimana cara daftar bantuan UMKM? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

  1. Penuhi lima persyaratan yang sudah dijelaskan di atas
  2. Kemudian siapkan semua persyaratan dan berkas yang dibutuhkan
  3. Setelah itu pergi ke Dinas Koperasi dan UMKM sesuai dengan domisili Anda. Jangan lupa untuk membawa persyaratan tadi yang sudah Anda kumpulkan. Mulai dari KTP, KK, dan juga SKU jika dibutuhkan
  4. Daftar bantuan UMKM dengan menyerahkan semua berkas yang Anda bawa
  5. Kemudian, Dinas Koperasi dan UMKM akan memeriksa semua berkas Anda dan melakukan verifikasi terhadap identitas Anda. Apakah sudah sesuai dengan persyaratan atau tidak
  6. Apabila ada syarat yang belum terpenuhi maka Anda akan diminta untuk melengkapinya
  7. Namun jika berkas sudah lengkap, maka petugas akan mendaftarkan UMKM Anda sebagai calon penerima bantuan dari pemerintah
  8. Setelah itu, tunggu hingga jadwal pengumuman keluar. Anda akan dihubungi oleh pihak yang berwenang untuk melakukan pencarian dana bantuan
Baca Juga:  Cara Membuat Whatsapp Bisnis Dengan Sangat Mudah

 

Cara Cek Penerima Bantuan UMKM

Jika Anda ingin memastikan apakah usaha Anda masuk kedalam daftar penerima bantuan. Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara berikut ini. Cek melalui situs resmi Banpres BPUM. Anda bisa mengeceknya di situs resmi Banpres BPUM. Caranya yaitu:

  1. Buka browser yang ada di ponsel Anda
  2. Kemudian cari situs banpresbpum.id
  3. Masukkan NIK sesuai dengan yang ada di KTP Anda
  4. Lalu klik opsi “cari” dan tunggu hingga prosesnya selesai
  5. Setelah itu Anda akan melihat apakah Anda termasuk penerima bantuan UMKM atau tidak

 

Cek Menggunakan E-form BRI

Adapun cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengecek daftar penerima bantuan, yaitu dengan menggunakan Eform BRI. Di bawah ini adalah beberapa tahapan yang bisa Anda coba:

  1. Buka situs resmi eform BRI
  2. Setelah itu Log in dengan menggunakan NIK Anda
  3. Kemudian masukkan kode verifikasi lalu klik “inquiry
  4. Tunggu hingga proses loading selesai dan setelah itu Anda akan melihat daftar penerima bantuan UMKM dari pemerintah

 

Cara Mencairkan Dana Bantuan

Bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan.  Tentu Anda akan menantikan pencairan dana tersebut bukan? Nah, berikut ini adalah beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan saat ingin mencairkan dana bantuan UMKM.

  1. Para penerima bantuan nantinya akan dihubungi langsung oleh pihak yang berwenang melalui telpon, SMS, atau chat melalui aplikasi Whatsapp
  2. Setelah menerima pesan dari pihak tersebut, Anda perlu mendatangi kantor penyalur bantuan dengan membawa dokumen atau berkas yang diperlukan seperti KTP, KK, NIB, atau SKU
  3. Setelah sampai di kantornya, Anda akan diminta untuk menandatangani surat pertanggungjawaban sebagai penerima bantuan UMKM
  4. Kemudian, pihak yang berwenang akan memberikan sejumlah dana bantuan ke rekening Anda yang sudah terdaftar di sistem
  5. Dana yang masuk ke rekening Anda dapat Anda gunakan untuk keperluan usaha

Dalam proses pencairan dana bantuan tersebut, pemerintah telah melakukan kerjasama dengan Bank BRI, BNI, dan Kantor Pos. Anda dapat memilih salah satunya dari ketiga lembaga tersebut.

 

Cara Mendaftar UMKM

Apabila saat ini usaha Anda belum terdaftar sebagai UMKM, maka Anda bisa mendaftarkannya ke instansi terkait. Untuk pendaftarannya bisa Anda lakukan secara online. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Masuk ke laman oss.go.id
  2. Log in menggunakan akun yang sudah Anda miliki
  3. Jika Anda belum memiliki akun, maka Anda dapat membuatnya terlebih dahulu
  4. Setelah log in, klik menu “perizinan berusaha” dan klik bagian “perorangan
  5. Setelah itu lanjutkan dengan mendaftarkan NIB yang sesuai dengan jenis usaha Anda
  6. Kemudian isi formulir dengan benar
  7. Lalu klik “simpan dan lanjutkan
  8. Setelah itu klik “tambah usaha
  9. Lengkapi data yang dibutuhkan
  10. Lalu klik kembali “simpan dan lanjutkan
  11. Jika usaha Anda tergolong usaha kecil, maka pada bagian formulir komitmen prasarana sudah bisa mengajukan izin lokasi atau lingkungan
  12. Lalu klik “selanjutnya
  13. Lihat data-data yang sudah diisi di ringkasan data
  14. Kemudian ceklis di kolom disclaimer
  15. Klik “proses pembuatan NIB
Baca Juga:  Mau Tahu Cara Menarik Uang di Dana lewat Alfamart dan Rekening? Simak Hanya di Sini!

 

Itulah beberapa cara daftar bantuan UMKM yang bisa Anda tiru. Bagi Anda yang memiliki usaha, maka segeralah untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima bantuan. Dana tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk mengembangkan usaha Anda.