Bingung Cara Menanam Jahe Agar Hasil Melimpah? Simak Caranya Berikut Ini!

cara menanam jahe agar hasil melimpah

Tahukah anda bahwa jahe sendiri adalah salah satu rempah yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Ya, sudah jelas karena khasiatnya yang dapat menghangatkan tubuh. Namun tahukah anda bagaimana cara menanam jahe agar hasil melimpah? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Menanam Jahe agar Hasil Melimpah dengan Melakukan Pembibitan

Supaya mendapatkan jahe berkualitas, maka jangan lupa untuk memilih bibit terbaik. Setidaknya terdapat 3 hal yang perlu diperhatikan ketika memilih bibit jahe. Yang pertama, ambil bibit jahe dari areal pertanian. Kedua, pilihlah bibit jahe yang berusia 9 hingga 10 bulan. Yang ketiga, gunakan bibit yang sehat.

Penyemaian 

Tahapan cara menanam jahe agar hasil melimpah berikutnya adalah dengan melakukan penyemaian agar dapat menyiapkan penanaman. Saat melakukan penyemaian, anda dapat memakai teknik peti kayu. Yang mana anda perlu melakukan penjemuran rimpang, kemudian simpan selama sebulan.

Untuk rimpang yang telah dikeringkan, lakukan pematahan lalu potong rimpang jahe menjadi 3 hingga 5 mata tunas. Kemudian potongan rimpang tersebut dimasukkan ke karung, dan masukkan ke dalam larutan fungisida hingga 1 menit. Kemudian potongan-potongan tersebut dikeringkan kembali, lalu masukkan ke dalam peti kayu.

cara menanam jahe agar hasil melimpah

Pengolahan Media Tanam

Pilihlah tanah yang memiliki keasaman cukup. Anda bisa menggunakan kapur agar bisa mengurangi ataupun menambah tingkat keasaman. Ketika mengawali pengolahan, anda dapat melakukan pembajakan dengan memanfaatkan cangkul hingga 30 cm agar bisa memperoleh tanah yang gembur.

Penanaman Jahe

Jika sudah menyiapkan lahan, kini saatnya anda melakukan penanaman jahe, Gimana caranya? Cukup mudah kok, anda bisa menggunakan pola tumpang sari. Yaitu dengan membuat lubang tanam hingga 3 sampai 7.5 cm pada area bedengan, kemudian letakkan bibit ke dalamnya. Nah, periode tanam jahe yang baik adalah di awal musim penghujan, mulai dari bulan September hingga Oktober.

Baca Juga:  Manfaat Dan Cara Menanam Yang Tepat

Pemupukan Jahe

Cara menanam jahe agar hasil melimpah selanjutnya yaitu dengan melakukan pemupukan menggunakan pupuk organik, baik pupuk kompos maupun pupuk kandang. Pada awal penanaman, anda dapat menaburkan pupuk sesuai dosis yang telah disarankan. Kemudian pemupukan dilakukan ketika tanaman memasuki usia 2 sampai 3 bulan, 4 sampai 6 bulan, dan 8 sampai 10 bulan.

Pengairan Jahe

Kemudian anda pun perlu mengetahui waktu penyiramannya. Yang pasti tanaman ini tidak memerlukan air yang banyak. Jadi, jangan sampai anda menyiramnya terlalu banyak ya. Bisa-bisa tanaman akan cepat mati. Tetapi, akan lebih baik ketika penanaman dilakukan di awal musim penghujan sebagai pertumbuhan awalnya. Anda bisa melakukan penyiraman tanaman setiap hari supaya tanah tidak terlalu kering pula.

Panen 

Pemanenan jahe adalah tahap akhir dari tahapan cara menanam jahe agar hasil melimpah dengan mudah. Nah, untuk proses pemanenan sendiri terbagi sesuai dengan jenis tanamannya. Ketika jahe dijadikan bumbu penyedap, maka penanamannya bisa dilakukan hingga 4 bulan saja. Sedangkan jahe yang akan dijual ke pasar, maka penanaman bisa dilakukan sampai 12 bulan.

Tanaman jahe yang telah siap dipanen biasanya memiliki daun yang berwarna kuning serta batangnya yang mengering. Tidak hanya itu, pemanenan yang lazim dilakukan sebelum masa musim penghujan, yakni pada bulan Juni sampai Agustus. Karena ketika pemanenan dilakukan di musim penghujan, rimpang jahe akan rentan rusak.

Nah, untuk anda yang sangat tertarik membudidayakan tanaman jahe, jangan lupa untuk menerapkan berbagai cara menanam jahe agar hasil melimpah seperti yang telah dipaparkan di atas ya.