Berikut Ini Adalah Cara Mirror Gambar Yang Ada Di Photoshop

cara mirror gambar di photoshop

Anda  sering menggunakan berbagai jenis aplikasi untuk mengedit sebuah gambar atau foto. Karena terkadang anda memerlukan tampilan gambar atau foto yang terbalik dari tampilan aslinya. Oleh sebab itu anda membutuhkan aplikasi yang bisa mengedit gambar atau photo. Photoshop adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan.

Photoshop merupakan aplikasi yang sering digunakan dalam soal proses mengedit gambar atau foto. Photoshop menyediakan fitur untuk melakukan flip ataupun mirror objek. Ada empat cara mirror gambar di photoshop yang bisa dilakukan untuk proses editing.

Berikut ini empat cara pengeditan dengan menggunakan Photoshop, yaitu:

Membalikan Gambar Dengan Cara Flip Canvas

Cara ini bisa anda lakukan jika anda ingin membalikan semua layer gambar yang ada. Cukup pilih satu layer gambar saja, maka bisa dipastikan semua objek gambar layer dalam canvas photoshop akan ikut terbalik.

Caranya, pilih layer gambar yang akan anda balik, lalu klik menu Image, kemudian pilih Image Rotation. Setelah itu pilih Flip Canvas Horizontal jika anda menginginkan perubahan dalam bentuk horizontal, atau pilih Flip Canvas Vertical jika anda menginginkan perubahan dalam bentuk vertikal.

cara mirror gambar di photoshop

Membalikan Gambar Dengan Cara Transform

Berbeda dengan cara flip canvas, cara membalikkan gambar dengan cara transform hanya akan membalikan satu objek gambar pada layer yang telah dipilih, tanpa harus membuat objek lain ikut terbalik.

Adapun langkah yang harus anda ambil adalah dengan cara klik layer objek gambar yang sudah anda pilih untuk dibuat terbalik, lalu pilih menu Edit, setelah itu pilih Transform dan selanjutnya pilih Flip Horizontal jika anda menginginkan perubahan dalam bentuk horizontal, atau pilih Flip Vertical jika anda  menginginkan perubahan dalam bentuk vertikal.

Baca Juga:  Begini Cara Melacak iPhone yang Offline atau Mati

Membalikan Gambar Untuk Objek Gambar Baru

Cara ini yang dilakukan ketika anda ingin memasukan tambahan foto atau objek gambar yang baru  ke dalam canvas Photoshop.

Cara yang bisa anda lakukan adalah cukup drag lalu drop foto atau gambar yang baru ke dalam photoshop. Setelah gambar masuk, anda bisa klik kanan pada gambar atau foto tersebut, lalu kemudian pilih Flip Horizontal jika anda menginginkan perubahan dalam bentuk horizontal, atau pilih Flip Vertical jika anda menginginkan perubahan dalam bentuk vertikal.

Membalikan Gambar Dengan Cara Manual

Anda juga dapat membalikan gambar atau foto dengan cara manual. Adapun langkah-langkah yang harus anda ambil yaitu dengan cara klik gambar atau foto yang anda inginkan, lalu pilih Move Tool (V) dan aktifkan Show Transform Controls On The Selected Layer. Klik sambil ditahan pada satu sisi gambar lalu tarik ke arah gambar atau foto yang akan anda balik. Setelah sesuai dengan apa yang anda inginkan, lalu klik Enter atau klik centang.

Demikianlah berbagai cara mirror gambar di photoshop yang bisa anda lakukan, pilih cara yang menurut anda jauh lebih mudah untuk diterapkan. Sehingga membuat efisiensi kerja anda dalam proses editing gambar jauh lebih baik dan lebih cepat. Silahkan mencoba dan selamat mengedit.

Catatan : Tutorial ini menggunakan Adobe Photoshop CC 2020, jika Anda menggunakan versi lain seperti Adobe Photoshop CS6 atau versi yang lebih lama lagi. Cara penggunaanya tidak akan jauh berbeda dari versi satu dengan versi lainnya. Yang membedakan hanya di beberapa bagian letak fitur dan tampilan interface nya saja.