Beragam Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak

cara menyembuhkan batuk berdahak

Batuk ada banyak sekali jenisnya dan tentunya akan sangat mengganggu serta menimbulkan rasa tidak nyaman. Batuk yang paling sering menimbulkan gangguan adalah batuk berdahak. Banyak orang yang mencari cara menyembuhkan batuk berdahak karena batuk berdahak akan menimbulkan rasa mengganggu dan gatal yang berlebih.

Mengobati Batuk Berdahak Dengan Obat – Obatan

Cara menyembuhkan batuk berdahak bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan atau mukolitik. Batuk berdahak terjadi karena adanya lendir atau cairan pada tenggorokan. Sebenarnya hal ini wajar karena batuk merupakan respon tubuh ketika ada benda asing yang masuk hanya saja efek yang ditimbulkan sangat mengganggu.

Cara menyembuhkan batuk berdahak dan tenggorokan gatal bisa dilakukan dengan meminum obat-obatan yang mengandung ekspektoran. Ekspektoran akan membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Hanya saja penggunaan ekspektoran pada ibu hamil dan anak-anak sebaiknya di bawah pengawasan dokter.

Selain ibu hamil cara menyembuhkan batuk berdahak pada anak juga sebaiknya menggunakan  bahan alami atau sesuai dengan petunjuk dokter. Jika memang harus menggunakan obat-obatan sebaiknya anak diberikan obat yang mengandung ibuprofen dan parasetamol untuk mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter karena tidak semua anak cocok dengan ibuprofen atau paracetamol.

cara menyembuhkan batuk berdahak

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Secara Alami

Menyembuhkan batuk berdahak juga bisa dilakukan secara alami. Beberapa bahan alami yang ada di dapur dipercaya ampuh sebagai obat batuk berdahak. Cara menyembuhkan batuk berdahak dengan cepat dan alami yaitu dengan mencampurkan jeruk nipis dengan kecap manis.

Jeruk nipis mengandung minyak atsiri. Minyak atsiri sendiri mampu melemahkan otot-otot sehingga dapat mengurangi batuk berdahak. Sedangkan kecap manis hanya sebagai pemanis alami karena rasa jeruk nipis yang sangat asam. Anda juga bisa menggantinya dengan maju apabila tidak ingin menggunakan kecap manis.

Baca Juga:  4 Cara Menyembuhkan Mata Bintitan Yang Efektif

Selain menggunakan jeruk nipis dan kecap Anda juga bisa menggunakan godokan jahe dan daun sirih. Cukup rebus beberapa lembar daun sirih dengan jahe yang di keprek lalu minumlah airnya selagi hangat. Campuran air jahe dan daun sirih Ini mampu meredakan batuk berdahak yang mengganggu.

Beristirahat Dengan Cukup

Apapun metode pengobatan yang Anda pilih baik secara alami maupun menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran anda tetap harus melakukan tindakan preventif. Saat sedang batuk berdahak sebaiknya Anda juga menjaga tubuh anda.

Gunakan pakaian yang hangat dan istirahat dengan cukup agar penyembuhan lebih cepat. Sebaiknya jaga suhu tubuh tetap pada kondisi hangat dan hindari aktivitas yang berlebihan saat menderita batuk berdahak. Sementara hindari minuman dan makanan dingin gantilah dengan yang berkuah dan hangat.

Anda juga sebaiknya berkumur selama 60 detik menggunakan larutan garam. Larutan garam ini mampu membunuh bakteri yang ada di mulut dan tenggorokan sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan. Mandi air hangat juga mampu meningkatkan otot-otot tubuh sehingga bisa mempercepat penyembuhan batuk berdahak.

Jangan lupa untuk menggunakan pakaian hangat serta perbanyak minum air putih. Selain dapat mempercepat penyembuhan batuk berdahak minum banyak air putih juga mampu mengurangi rasa gatal pada tenggorokan. Usahakan untuk meminum air putih dalam kondisi hangat ketika sedang batuk berdahak.

Jika sudah menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di apotek atau melalui pengobatan alami namun batuk berdahak tak kunjung sembuh maka sebaiknya Anda mengunjungi klinik atau dokter terdekat. Cara menyembuhkan batuk berdahak yang telah berlangsung sejak lama biasanya dilakukan dengan pengetesan terlebih dahulu seperti rontgen atau tes dahak.