Baru Pertama Kali? Begini Cara Menarik Uang di ATM Termudah

cara menarik uang di atm

Cara menarik uang di ATM menjadi informasi sangat penting bagi seseorang yang pertama kali melakukannya. Kendati terlihat cukup mudah, tetapi mengambil uang melalui ATM bukanlah perkara yang sepele. Terlebih lagi bagi sebagian besar orang yang baru pertama kali menggunakannya, tentu akan sedikit ragu dan bingung harus berbuat apa.

 

Seperti yang telah diketahui, keberadaan mesin ATM sendiri akan memberikan kemudahan bagi para nasabah untuk melakukan berbagai macam transaksi tanpa perlu pergi ke bank langsung. Mulai dari melakukan transfer, membayar tagihan hingga mengambil uang. Semua bisa dilakukan dengan mudah melalui ATM.

Walaupun demikian, masih banyak orang kebingungan dalam memanfaatkan ATM untuk melakukan kegiatan transaksi seperti mengambil uang via ATM. Entah karena takut kartu tertelan ataupun uang tertinggal di ATM.

Cara Menarik Uang di ATM Paling Mudah

Saat ini, keberadaan mesin ATM sudah tersedia di berbagai macam lokasi selain bank seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandara hingga sejumlah tempat strategis lainnya. Dengan keberadaan mesin inilah maka nasabah bisa mengakses rekeningnya dengan mudah untuk melakukan kegiatan transaksi non tunai.

Tetapi yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimanakah cara menarik uang dari ATM tersebut? sebenarnya caranya tidak sulit, tetapi bagi yang masih kebingungan, berikut ini kami berikan panduan dalam melakukannya.

  1. Pastikan Pergi ke Mesin ATM Yang Tidak Rusak

Kendati keberadaan mesin ATM sudah ditemukan di banyak tempat tetapi perlu diketahui apabila beberapa mesin terkadang dalam kondisi rusak. Itulah mengapa anda harus memastikan jika mesin ATM yang akan digunakan tidak dalam kondisi rusak.

Tidak lupa pula buat memilih ATM dimana berada di kawasan yang aman. Jangan sampai mesin tersebut diutak-atik oleh oknum tidak bertanggung jawab. Sangat disarankan buat mengambil uang di ATM yang menyatu dengan bank bersangkutan langsung.

  1. Masukkan Kartu Debit Melalui Mesin

Langkah berikutnya adalah anda bisa langsung memasukkan kartu debit ke mesin ATM. Pastikan apabila posisi kartu tersebut benar alias tidak terbalik. Kartu yang terdapat garis hitamnya bisa langsung dimasukkan dengan menghadap ke bawah.

Baca Juga:  7 Tips Cara Mendapatkan Uang Dari Game Online Yang Wajib Anda Coba

Lanjut pilih bahasa yakni bahasa Indonesia atau Inggris. Berikutnya, bisa langsung memasukkan nomor PIN. Jangan sampai salah memasukkan nomor PIN sebanyak 3 kali karena akan menyebabkan kartu anda terblokir.

  1. Pilih Tarik Tunai

Jika sudah memasukkan nomor PIN, maka anda akan langsung dibawa ke halaman utama. Di sinilah anda bisa langsung memilih tarik tunai dan memasukkan nominal yang ingin ditarik. Selain terdapat rekomendasi jumlah uang yang akan ditarik, anda juga bisa menyesuaikan jumlahnya sendiri.

Tukan ya, dan tunggu beberapa saat hingga mesin memproses dan mengeluarkan uang anda tersebut. Ambil kartu dari mesin dan uangnya. Jika tidak ingin melakukan transaksi lainnya, maka bisa langsung memilih selesai.

cara menarik uang di atm

  1. Jangan Langsung Meninggalkan Mesin ATM

Sangat disarankan untuk tidak langsung meninggalkan mesin ATM sebelum transaksi benar-benar selesai. Jangan lupa buat memastikan apabila kartu ATM sudah benar-benar diambil. Perlu diketahui jika beberapa orang meninggalkan kartu atm begitu saja karena ingin cepat meninggalkan mesin atau bahkan meninggalkan uang karena prosesnya cukup lama.

Adapun cara mengambil uang di atas sebenarnya hampir sama dengan beberapa bank. Jika anda ingin mengambil uang di bank lain, pastikan jika ATM tersebut mempunyai kode link atau ATM bersama untuk menghemat biaya pengeluaran. Demikian cara menarik uang di ATM dengan mudah.