Bagaimana Cara Membuat Tulisan Melengkung di Word dengan Praktis dan Mudah

membuat tulisan melengkung di Word

membuat tulisan melengkung di Word

Microsoft word merupakan aplikasi yang dimiliki hampir semua perangkat komputer. Berdasarkan Microsoft FY20 First Quarter Earnings Conference Call tahun 2019, tercatat penggunanya mencapai lebih dari dua ratus juta orang. Aplikasi pengolahan teks yang dikembang Microsoft Corporations ini, membarikan banyak tools dan fitur yang sangat membantu dalam pengoperasiaannya. Jelas, tools dan fitur yang diberikan tidak jauh – jauh dari yang namanya pengaturan teks, paragraf, halaman, hingga fitur untuk mempercantik dokumen, salah satunya fitur WordArt.

Teks melengkung dengan WordArt dan Text Box

Sesuai dengan pembahasan ini cara membuat teks melengkung di Word, WordArt adalah satu fitur style teks pada Microsoft Word. Fitur ini memiliki banyak galeri teks style yang bisa kamu gunakan dan bisa disesuaikan serta diatur sesuai kebutuhan dokumen. Dengan langkah yang sangat mudah, kita bisa menambahkannya untuk membuat tampilan lebih bervariasi.

Teks lengkung sering kali dibuat untuk memberikan variasi pada tampilan cover, judul halaman depan, atau ditambahkan untuk isi dokumen. Tulisan melengkung keatas atau kebawah di WordArt bisa kita buat layaknya di aplikasi desain grafis meskipun hasilnya tidak sebanding namun caranya tidak ribet dan mudah.

 

Membuat Teks Lengkung dengan WordArt

Tidak ada yang melarang memberikan variasi untuk dokumen teks yang kita buat. Bisa berupa gambar, Clip Art, Table, hingga membuat teks lengkung. Nah, kamu bisa menggunakan fitur WordArt untuk membuat teks melengkung, atau membengkokkan teks di sekitar bentuk. Caranya seperti ini:

  1. Buka dokumen baru di Word
  2. Di menu Insert, kemudian pada sub-menu WordArt, pilih style lengkung. Icon WordArt berada di grup teks, dan mungkin ada perbedaan tampilan tergantung pada versi yang digunakan.
  3. Ganti teks placeholder dengan teks lain.
  4. Pilih teks WordArt kamu.
  5. Masuk ke format bentuk, pilih Text Effect > Transform dan pilih efek lengkung sesuai keinginan kita.
  6. Terakhir, tinggal kita sesuaikan dan atur ukuran serta posisi teks tadi.
  7. Jika teks sudah melengkung sesuai keinginan, kamu juga bisa menambahkan warna dengan Shape Fill dan Shape Outline.
Baca Juga:  Cara Mengubah PDF ke Word Gratis

Membuat Teks Lengkung dengan Text Box

Pada dasarnya cara membuat tulisan melengkung di Word menggunakan Text Box, caranya hampir sama dengan WordArt. Memang jarang diketahui orang – orang karena pilihan pertama pasti menggunakan fitur WordArt. Nah, kalau belum tahu seperti apa caranya, begini caranya:

  1. Buka dokumen baru di Microsoft Word
  2. Di menu Insert, pilih Text Box, sementara tools menu Text Box ada di bagian kanan atas dengan icon kotak bertuliskan huruf A.
  3. Pilih Draw Text Box, setelah memilih tools Text Box pada tampilan sebelumnya, kita akan mendapatkan beberapa pilihan text box yang sesuai dengan kebutuhan. Tapi kita juga bisa menggambar sendiri Text Box dengan memilih opsi Draw Text Box di bagian bawah menu, menyesuaikan kebutuhan kita.
  4. Tuliskan teks yang akan kita lengkungkan pada Text Box yang sudah dibuat.
  5. Kemudian pilih menu Text Effect > Transform. Sama seperti pada pilihan Transform di WordArt. Pilih salah satu efek lengkung yang ingin digunakan.
  6. Setelah menentukan pilihan efek lengkung yang digunakan, kita bisa menghilangkan garis tepi pada Text Box tadi. Klik pada menu Shape Outline, setelah itu pilih No Outline. Sehingga garis tepi untuk text box tulisan lengkung bisa hilang.

Nah, dua cara membuat tulisan melengkung di Word tidak ribet dan sangat praktis. Sekarang dokumen teks akan nampak lebih bervariasi.