Atur Pola Hidup Sehat : Ini, Cara Menyembuhkan Varises

cara menyembuhkan varises

Penyakit varises banyak dialami oleh wanita. Varises merupakan pembengkakan pada pembuluh darah vena. Penyakit ini ditandai dengan pembuluh darah vena yang tampak bengkak dan menonjol. Meskipun, sering dianggap sepele, penyakit ini akan semakin berbahaya apabila tidak ditangani dengan baik. Salah satunya, dengan cara menyembuhkan varises secara alami.

Varises terjadi karena adanya penumpukan darah dalam pembuluh darah, kondisi ini paling sering terjadi pada bagian betis yang menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Pada umumnya, faktor penyebab varises, di antaranya berat badan yang berlebihan (obesitas), adanya faktor keturunan, faktor usia, kehamilan, dan adanya aktivitas dengan berdiri terlalu lama.

Varises ringan dapat ditangani dengan melakukan pengobatan mandiri. Pengobatan dapat meredakan rasa nyeri, meredakan gejala, dan mengurangi tingkat keparahan. Beberapa pengobatan varises ini dapat dilakukan dengan mudah.

cara menyembuhkan varises

Cara Menyembuhkan Varises Secara Alami

Pada umumnya, pengobatan dapat disesuaikan dengan kondisi penyakit yang dialami. Apabila, penyakit varises masih dalam tahap yang ringan. Tidak perlu pengobatan medis, melalui pengobatan secara alami dapat Anda lakukan di rumah.

  1. Rajin Olahraga

Olahraga merupakan cara paling efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit. Dengan olah raga rutin, membantu meregangkan dan membuat sirkulasi darah pada kaki lebih lancar. Aliran darah yang lancar mampu mengurangi pembengkakan pada pembuluh vena. Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti berlari atau jalan kaki santai.

  1. Hindari Celana Ketat

Menggunakan pakaian yang ketat dapat menghambat aliran darah, terutama pada kaki. Gunakanlah pakaian yang lebih longgar, sehingga sirkulasi darah tetap lancar. Selain itu, hindari pemakaian sepatu hak tinggi, karena dapat menimbulkan dan memperparah varises.

  1. Jaga Pola Makan

Makanan sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Cara menyembuhkan varises secara alami adalah makan makanan bergizi yang mengandung flavonoid. Kandungan ini membantu memperlancar aliran darah. Selain itu, konsumsi makanan yang berserat tinggi dan makanan yang terbuat dari gandum. Hal ini, mampu mengurangi kelebihan berat badan, sehingga mengurangi tekanan yang diterima oleh pembuluh darah.

  1. Hindari Mengonsumsi Makanan Penyebab Varises
Baca Juga:  Cara Menyembuhkan Kutu Air Terbukti Ampuh

Makanan yang mengandung garam berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya pembengkakan pada varises. Tak hanya itu, konsumsi garam berlebihan dapat meningkatkan tekanan pembuluh darah. Untuk itu, hindari makan makanan asin terlalu berlebihan.

  1. Pijat Ringan

Cara menyembuhkan varises juga dapat dilakukan dengan pijat ringan, seperti refleksi. Pijat ini membantu melancarkan sirkulasi aliran darah pada kaki. Namun, hindari menekan langsung pembuluh darah. Lalu, jaga tubuh agar tetap aktif. Hindari untuk duduk dalam waktu yang lama. Anda bisa mengubah posisi duduk atau beristirahat sejenak dengan berjalan kaki. Tujuannya untuk menjaga aliran darah tetap lancar. Oleskan minyak zaitun pada area yang terkena varises. Hal ini, dapat mengurangi peradangan pembuluh vena.

Makanan Sehat Untuk Penyakit Varises

Selain cara pengobatan varises di atas, makan makanan bergizi juga dapat mencegah terjadinya varises. Beberapa makanan ini dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan dan pola hidup yang lebih sehat.

Mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid, karena dapat memperlancar aliran darah dan membuat pembuluh darah lebih rileks. Dengan konsumsi sayuran, seperti bayam dan brokoli. Selain itu, buah-buahan anggur, stroberi, ceri, dan apel.

Lalu, Anda juga bisa mengonsumsi bawang putih yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mendetoks darah, sehingga aliran lebih lancar. Cara menyembuhkan varises dapat dilakukan dengan konsumsi ekstrak biji anggur. Namun, Anda perlu berkonsultasi dahulu dengan dokter.