7 Cara Mudah untuk Menyembuhkan Pilek dalam Sehari

cara menyembuhkan pilek dalam sehari

Jika saat ini anda sedang mengalami gejala pilek atau flu, anda perlu untuk mengetahui 7 cara menyembuhkan pilek dalam sehari. Cara-cara ini dapat diterapkan dengan sangat mudah dirumah anda, dan biasanya gejala flu atau pilek akan segera mereda jika dilakukan dengan benar dalam kurun waktu 24 jam. Beberapa cara yang dapat dilakukan sudah dirangkum dengan terperinci dan tentunya dapat dilakukan dengan mudah.

Gejala pilek atau flu dapat terjadi ketika pergantian cuaca, terutama pada saat cuaca ekstrim. Biasanya gejala yang dialami adalah hidung tersumbat, sedikit demam dan bersin-bersin. Flu ataupun pilek penyebab utamanya adalah selesma atau common cold yang juga bisa disertai dengan sinusitis. Berikut ini adalah 7 hal penting yang dapat kamu lakukan dirumah untuk mengurangi gejala flu atau pilek:

  1. Mengkonsumsi dan Memenuhi Asupan Cairan Tubuh

Tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu kunci utama penyembuhan flu. Banyak mengkonsumsi cairan terutama air putih dan cairan yang sehat lainnya seperti jus buah dapat meringankan gejala flu. Dengan mengkonsumsi banyak cairan, tenggorokan juga akan terhindar dari kekeringan yang dapat menyebabkan radang tenggorokan.

  1. Mengkonsumsi Lemon dan Teh Panas

Pada saat kekebalan dan imun tubuh sedang menurun karena cuaca panas dan udara kering, pilek dan batuk dapat menyerang dengan mudah. Meminum teh hangat yang dicampurkan dengan tetesan lemon peras akan memberikan energi baru bagi tubuh dan kandungan vitamin C yang terdapat di lemon dapat memberikan kesehatan tubuh yang baik. Ini adalah cara menyembuhkan pilek dalam sehari. Kandungan sari lemon juga sangat baik untuk mengencerkan dahak yang ada.

cara menyembuhkan pilek dalam sehari

  1. Menghirup Uap

Melakukan terapi singkat dan mudah dirumah juga dapat dilakukan. Kamu hanya cukup merebus air hingga mendidih dan menghirup uap panas yang dihasilkan dari rebusan air tersebut. JIka ingin menghasilkan uap panas yang lebih berkualitas, jangan lupa tambahkan kayu putih atau peppermint oil untuk menambahkan kelegaan bagi hidung anda. Ini adalah salah satu cara menyembuhkan pilek dalam sehari yang dapat dilakukan dengan mudah dan murah.

  1. Penggunaan Neti Pot

Menggunakan neti pot juga dapat menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan menghilangkan gejala flu. Neti pot memiliki tujuan utama untuk mengurangi peradangan, dan yang perlu anda lakukan adalah dengan mengisi pot kecil dengan larutan garam. Area sinus dapat dialiri dengan larutan air garam menggunakan alat ini, sehingga lendir yang mengendap dapat keluar dengan mudah lewat cairan.

  1. Pengaplikasian Teknik Akupresur

Mengaplikasikan teknik akupresur juga dapat menjadi salah satu cara efektif untuk penyembuhan pilek. Metode akupresur dapat diaplikasikan dengan mudah dengan menekan titik titik tertentu di area tubuh yang dapat dilakukan selama beberapa menit. Teknik akupresur ini dapat memberikan efek yang baik karena akan memberikan efek penyembuhan pilek dengan lebih cepat dengan melancarkan peredaran darah.

  1. Memakan Sup Hangat

Dengan asupan gizi yang sehat dapat mengurangi dan menyembuhkan gejala pilek. Mengkonsumsi semangkuk sup hangat terbukti efektif untuk memberikan asupan energi dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Campuran sayuran dan potongan daging yang sehat akan menjadikan semangkuk sup sehat pilihan yang tepat dikala pilek menyerang.

  1. Mengistirahatkan Tubuh dengan Tidur yang Cukup

Memberikan kesempatan pada tubuh untuk melakukan regenerasi sel dengan baik adalah dengan memiliki waktu tidur yang baik dan berkualitas. Tidur yang cukup dapat mempercepat efek penyembuhan flu dan pilek yang dialami. Dengan tidur yang nyenyak dan berkualitas, sistem imunitas dalam tubuh akan lebih kuat. Ini adalah 7 cara menyembuhkan pilek dalam sehari yang dapat dipraktekan.

Baca Juga:  4 Cara Menyembuhkan Cegukan yang Ampuh dan Cepat