5 Syarat Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil Online

cara membuat izin usaha mikro kecil online

Merintis usaha baik lama atau baru bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan Anda membuka usaha mikro tentunya butuh karyawan untuk membantu Anda dalam memproduksi sesuatu. Adapun syarat caramembuat izin usaha mikro kecil onlinedengan:

  1. Salinan KTP 2 lembar
  2. Salinan Kartu keluarga 2 lembar
  3. Pas foto berwarna dengan ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar
  4. Mengisi formulir online yang terdiri dari profil pendiri usaha dan profil perusahaan.
  • Profil pendiri usaha artinya seseorang yang mendirikan usaha, atau manusianya.
  • Profil perusahaan artinya sejarah, riwayat usaha tersebut berdiri dengan visi, misi, sasaran, pengenalan produk dan sebagainya.
  • Membuka website IUMK

Bagaimana selanjutnya?

Anda wajib klik kolom pendaftaran online, muncul kolom-kolom yang harus Anda isi dengan baik dan benar. Nama yang ditulis sesuai dengan nama di Kartu keluarga. Setelah semua terisi dengan baik Anda klik simpan. Setelah Anda simpan, lanjutkan dengan mengunduh dan mencetak formulir yang Anda isi tadi. Jangan lupa untuk melengkapi dokumen pendukung lainnya. Bubuhkan juga materai beserta tAnda tangan kemudian dikirim ke kantor Kecamatan wilayah Anda.

Tujuan pendaftaran ijin usaha

Salah satunya yaitu melindungi karyawan dari tindakan ketidakadilan, melindungi badan usaha dari penipuan yang mengatasnamakan lembaga usaha. Dengan demikian, usaha yang Anda rilis mendapatkan perlindungan hukum secara kuat. Efek dari cara membuat izin usaha mikro kecil online, nama usaha Anda akan semakin dikenal oleh orang sebagai usaha legal berasaskan manfaat.

cara membuat izin usaha mikro kecil online

Kapankah izin usaha turun?

Minimal 30 hari setelah Anda mendaftar, jika sedang tidak antri maka izin usaha akan turun dengan segera, 2 mingguan. Nantinya usaha yang Anda dirikan mendapatkan nomor usaha dan sertifikat badan hukumnya. Dengan demikian, Anda bisa memperluas usaha lainnya tanpa khawatir akan legalitas produk.

Baca Juga:  Ingin Memulai Usaha Sendiri? Simak Dulu Artikel Ini!

Apakah sama nomor IUMK dengan nomor P.IRT? 

Sama, hanya berbeda jenis. Nomor IUMK bisa digunakan sebagai usaha pendirian selain makanan atau minuman sedangkan nomor P.IRT lebih cenderung ke jenis makanan dan minuman. Intinya, kedua nomor tersebut sebaiknya Anda urus jika usaha Anda ingin mendapatkan perlindungan hukum yang jelas.

Efek yang dirasakan setelah mendaftar IUMK online

Nomor izin usaha akan keluar yang artinya usaha Anda lebih terjamin. Dengan jaminan dari lembaga resmi, usaha Anda akan dipercaya oleh masyarakat dan ada tempatnya. Terkadang banyak usaha yang selesai mengurus ijin tetapi tidak membenahi manajemen usahanya akan diragukan oleh masyarakat.

Anda juga akan mudah merangkul chanel kerja sama seperti tempat usaha lainnya untuk menjadi sebuah produk unggulan lagi. Akses modal juga semakin mudah Anda peroleh dan omzet tentunya semakin meningkat seiring dengan banyaknya channel komunikasi.

cara membuat izin usaha mikro kecil online

Apakah ada minimal modal usaha untuk mengurus ijin usaha?

Tidak ada, Andaikan Anda hanya membuka sebuah usaha rumahan kecil tetapi ingin mendapatkan perlindungan hukum tetap dilayani. Anda tinggal jujur kepada pihak lembaga IUMK bahwa usaha yang dikelola masih skala kecil dan ingin mendapatkan nomor usaha agar keamanan dan keterjaminan produknya dipercaya.

Ingat, mengurus ijin usaha tidak berhubungan dengan besar kecilnya modal usaha yang Anda kelola, modal kecil tetap boleh mengurus, modal besar juga lebih baik mengurus.

Buka usaha mandiri yuk dan jangan lupa cara membuat izin usaha mikro kecil online ijinnya agar Anda nyaman dan tidak ada kendala lain di kemudian hari. Jadilah pengusaha yang amanah, jujur, bertanggungjawab dan membantu menaikkan taraf kesejahteraan orang banyak.