4 Tips dan Cara membuat CV yang Menarik di Word

cara membuat cv yang menarik di word

Salah satu dokumen penting yang dibutuhkan ketika anda akan bekerja di perusahaan impian yakni menyertakan Curriculum Vitae (CV). Nah, fungsi CV berguna sebagai langkah awal untuk seleksi dokumen oleh HRD. Oleh sebab itu anda perlu tahu bagaimana cara membuat CV yang menarik di word.

Apa Saja yang Harus Dituliskan?

Langkah pertama ketika anda akan memulai untuk membuat CV yakni pahami apa isi dari CV yang ingin anda buat terlebih dahulu. Sebagai sarana “menjual” diri pastikan isi CV relevan dengan apa yang dipersyaratkan oleh perusahaan.

Secara umum ada beberapa hal yang wajib ditulis dalam sebuah CV yakni identitas diri (biasanya terdiri atas nama lengkap, alamat tinggal, nomor telepon yang dapat dihubungi serta alamat email. Pastikan alamat email yang anda miliki merupakan email proper sehingga bisa digunakan dalam mencari pekerjaan.

Selain identitas diri anda juga perlu menuliskan pendidikan, biasanya pendidikan yang ditulis dalam CV merupakan pendidikan terakhir, jurusan yang dijalani serta IPK saat kuliah. Selain pendidikan, anda juga bisa menuliskan personalitas diri sebagai penggambaran singkat atas karakter yang anda miliki. Hal lain yang umum terdapat dalam sebuah CV yakni keterampilan yang anda miliki, pengalaman bekerja sebelumnya hingga pelatihan terbaru (umumnya disarankan pelatihan 2-3 tahun terakhir).

Punya Kemampuan Bahasa Asing? Tunjukkan dalam CV

Nah, salah satu kelebihan yang harus anda tonjolkan dalam CV yakni memiliki kemampuan berbahasa asing. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memilih karyawan baru berdasarkan kemampuan Bahasa asing yang dimiliki. Bahkan untuk perusahaan multinasional mewajibkan kemampuan Bahasa asing secara lancar. Tunjukkan kemampuan berbahasa asing yang anda miliki dengan melampirkan sertifikat misalnya sertifikat TOEFL untuk Bahasa Inggris dan HSK untuk Bahasa mandarin.

Baca Juga:  4 Cara Membuat TTD di Word yang Mudah dan Cepat

Lalu bagaimana jika belum memiliki kemampuan Bahasa asing? Tenang, saat ini sudah banyak course online yang dapat anda ikuti guna meningkatkan kemampuan Bahasa asing tersebut. Memang Bahasa asing menjadi salah satu modal  yang cukup penting dalam mendapatkan pekerjaan saat ini.

cara membuat cv yang menarik di word

Cara Membuat CV yang Menarik di Word

Jika anda tidak memiliki kemampuan desain menggunakan tools desain saat ini sebenarnya anda tidak perlu khawatir karena Microsoft office menyediakan layanan itu melalui Ms. Word. Lalu bagaimana langkah membuat CV menarik? Pertama, buka Microsoft word terlebih dahulu lalu pilih “New” dan kemudian pada kolom pencarian anda bisa menuliskan “Resume”. Nah, setelah itu akan ada beberapa template yang dapat anda pilih dan tinggal menyesuaikan dengan data yang anda miliki. Isi template CV dengan data – data yang sudah disebutkan sebelumnya.

Masukkan Kata Kunci

Saat ini zaman semakin maju bahkan sudah ada Applicant Tracking System yang sering digunakan oleh HRD untuk mengecek data dari tiap pelamar bahkan sebelum HRD membuka data anda satu per satu akan sangat mungkin lamaran anda langsung ditolak. Fungsi dari software tersebut untuk mengeliminasi CV dari applicant yang tidak memenuhi persyaratan dari HRD.

Oleh sebab itu, anda perlu memasukkan kata kunci yang sesuai dengan skill yang dibutuhkan. Jika anda bingung apa saja yang harus dituliskan agar sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan ada baiknya anda lihat lagi deskripsi dari jenis pekerjaan yang ingin anda apply. Nah, hal ini juga membuat cara membuat CV yang menarik di word tidak sia – sia.