4 Cara Mudah Menghilangkan Background Foto di Photoshop

cara menghilangkan background foto di photoshop

Perlu foto mendadak namun salah background dan tidak punya banyak waktu untuk foto ulang? Nah, solusinya dapat dilakukan dengan menghilangkan latar belakang foto. Selain itu, langkah ini juga bisa dilakukan jika anda ingin foto yang rapi. Nah, bagaimana cara menghilangkan background foto di photoshop?

Gunakan Fitur Magic Eraser Tool

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan background foto dengan photoshop yakni menggunakan eraser tool. Nah, jika anda ingin mengubah background menjadi polos maka langkah ini tepat untuk dipilih. Bagaimana langkah menggunakan magic eraser tool?

Langkah untuk menggunakannya cukup mudah, pertama anda hanya perlu membuka aplikasi photoshop lalu buka file yang ingin anda hapus. Photoshop merupakan jenis aplikasi yang bekerja dengan menggunakan beberapa layer, setelah foto terbuka langkah selanjutnya yakni menduplikat later dengan cara klik dua kali pada ikon yang mirip seperti gembok.

Setelah berhasil menduplikat layer maka langkah selanjutnya yakni bisa mulai menggunakan fitur magic eraser tool. Cara mengaktifkannya yakni dengan mengklik kanan pada eraser tool lalu memilih magic eraser tool. Selanjutnya anda perlu melakukan klik sekali lagi pada background foto yang ingin anda hapus. Nah, magic eraser tool akan langsung menghapus background secara otomatis.

cara menghilangkan background foto di photoshop

Gunakan Color Range

Langkah kedua dalam cara menghilangkan background foto di photoshop yakni menggunakan fasilitas color range. Fungsi dari color range digunakan untuk menyeleksi warna yang tampak sama dalam foto. Nah, jika anda ingin menghilangkan background artinya anda akan menggunakan tools color range untuk menghapus background tersebut, lalu, bagaimana langkahnya?

Pertama, pastikan foto yang ingin anda hapuskan backgroundnya sudah terbuka di layer photoshop lalu selanjutnya anda mengunci layer tersebut, kemudian kunci layer anda bisa diaktifkan pada color range di menu select, lalu selanjutnya pilih color range.

Baca Juga:  Berikut Ini Adalah Cara Mirror Gambar Yang Ada Di Photoshop

Setelah tools color range aktif, langkah selanjutnya yakni anda hanya perlu mengarahkan kursor ke background dan klik background tersebut. Setelah background yang ingin dihapus sudah ditandai maka langkah selanjutnya tinggil pilih OK dan seluruh background akan otomatis terseleksi. Jika anda ingin menghapusnya hanya perlu menekan tombol delete yang terdapat di keyboard. Apabila masih tampak garis maka anda bisa menghapusnya dengan menekan ctrl+D secara bersamaan.

Gunakan Magic Wand Tool

Sebelumnya sudah disebutkan cara menghilangkan background foto di photoshop dengan magicĀ  eraser tool, nah magic wand tool sebenarnya hampir memiliki cara penggunaan yang sama. Langkah yang dapat anda lakukan pun mirip dengan langkah menghilangkan background dengan magic eraser tool. Anda hanya perlu membuka foto yang ingin anda hapuskan backgroundnya. Setelah itu anda membuka kunci layer foto tersebut.

Magic Wand Tool terletak pada toolbox yang ada di photoshop dan ketika tool tersebut sudah aktif, anda hanya perlu untuk klik background yang ada di foto dan pilih tombol delete menggunakan keyboard. Nah, cukup mudah bukan?

Pen Tool

Tools yang satu ini mungkin lebih spesifik dibandingkan ketiga tools yang telah disebutkan sebelumnya. Setelah foto terbuka, buat duplicate layer. Selanjutnya ada hanya perlu mengaktifkan pen tool yang terdapat di toolbox photoshop. Nah, karena pen tool lebih spesifik maka anda perlu menyeleksi terlebih dahulu mana bagian yang akan anda hilangkan. Seleksi dilakukan dengan menyeleksi obyek mempertemukan titik pertama dan titik terakhir. Selanjutnya make selection, select, inverse selanjutnya dapat didelete.