4 Cara Menyembuhkan Mata Bintitan Yang Efektif

cara menyembuhkan mata bintitan

Mata bintitan atau yang dikenal juga dengan mata timbilan merupakan benjolan berwarna merah menyerupai jerawat yang terbentuk di area sekitar kelopak mata. Penyebab mata bintitan ini biasanya terjadi karena adanya penyumbatan kelenjar minyak di area kelopak mata akibat kulit mati, kotoran atau bisa juga karena minyak yang berlebih. Meskipun terlihat sepele, namun mata bintitan bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di area mata. Oleh karena itu anda harus segera mengobatinya apabila hal tersebut terjadi pada anda. Nah, berikut di bawah ini adalah beberapa cara menyembuhkan mata bintitan yang bisa anda lakukan.

Menggunakan kompres hangat sebagai cara menyembuhkan mata bintitan 

cara menyembuhkan mata bintitan
cara menyembuhkan mata bintitan

Menggunakan kompres hangat termasuk salah satu cara paling efektif untuk menyembuhkan mata bintitan yang sedang anda alami. Hal ini karena suhu hangat dapat membantu mendorong nanah yang ada dalam benjolan bintitan ke permukaan, melarutkan nanah serta minyak sehingga cairan tersebut bisa cepat keluar dengan cara yang alami.

Cara melakukan kompres hangat ini juga begitu mudah, anda hanya perlu membasahi handuk kecil menggunakan air hangat. Anda harus memastikan bahwa air yang anda gunakan tidak terlalu panas ya. Setelah itu anda bisa peras airnya hingga lembab dan tidak meneteskan air. Kemudian letakkan handuk di area mata kurang lebih selama lima hingga sepuluh menit. Jangan memencet benjolan karena hal tersebut bisa menyebabkan infeksi. Anda bisa menggunakan kompres hangat ini sebanyak tiga hingga empat hari sekali sampai mata bintitan kembali kempes.

Membersihkan kelopak mata menggunakan sabun yang ringan sebagai cara menyembuhkan mata bintitan

Ketika anda mengalami bintitan, anda harus menghindari membersihkan area mata anda menggunakan bahan kimia yang keras. Anda bisa menggunakan sabun jenis hipoalergenik yang tidak menimbulkan efek samping seperti iritasi. Anda harus berhati-hati ketika membersihkan area mata anda karena area tersebut memiliki kulit yang jauh lebih tipis dibandingkan dengan area wajah yang lainnya.

Baca Juga:  Metode dan Cara Menyembuhkan Mata Minus Menurut Islam

Menggunakan kantong teh sebagai cara menyembuhkan mata bintitan

Cara menyembuhkan mata bintitan selanjutnya adalah dengan menggunakan kantong teh. Sama halnya menggunakan kompres hangat, mengompres mata menggunakan kantong teh juga menjadi salah satu cara efektif untuk menyembuhkan mata bintitan. Teh hitam merupakan varian the yang paling bagus untuk anda gunakan karena dipercaya bisa mengurangi pembengkakan dan juga bersifat antibakteri.

Cara menggunakannya juga mudah dan tidak ribet. Anda hanya perlu menyeduh teh celup menggunakan air panas. Setelah itu diamkan kurang lebih satu menit. Kemudian anda bisa menggunakannya untuk mengompres mata anda yang bintitan. Lantas, biarkan selama sekitar lima hingga sepuluh menit. Anda bisa melakukannya dua kali sehari, namun menggunakan kantong teh yang baru ya!

Minum obat penghilang rasa sakit sebagai cara menyembuhkan mata bintitan

Cara efektif untuk mengobati mata bintitan lainnya adalah dengan meminum obat penghilang rasa sakit. Obat dengan jenis ini terbukti efektif untuk mengurangi bahkan menyembuhkan rasa sakit dan juga ketidaknyamanan di area mata yang diakibatkan oleh bintitan. Akan tetapi, sebelum anda meminum obat penghilang rasa sakit tersebut anda harus memastikan untuk membaca petunjuk penggunaan obat tersebut sehingga anda bisa meminum obat tersebut dengan dosis yang tepat. Apabila anda sudah minum obat, tapi rasa sakit akibat bintitan tersebut terus saja mengganggu maka anda harus segera pergi ke dokter.

Demikianlah beberapa cara menyembuhkan mata bintitan paling efektif yang bisa anda coba. Semoga dengan mengikuti beberapa cara tersebut bintitan di mata anda akan segera kempes dan anda bisa beraktivitas dengan nyaman seperti biasanya. Selamat mencoba!