3 Cara Menggabungkan Kolom di Excel Tanpa Menghilangkan Data

cara menggabungkan kolom di excel

Saat ini penggunaan excel memang akan sangat memudahkan pekerjaan kita sehari – hari. Apalagi excel memiliki kapasitas kolom tak terbatas dan anda bisa menggunakan berbagai rumus excel untuk memudahkan pekerjaan. Nah, salah satu masalah yang sering terjadi yakni bingung cara menggabungkan kolom di Excel tanpa menghilangkan data.

Sesuaikan Data Dulu

Sebelum anda bisa menggabungkan berbagai data di kolom excel maka anda harus menyesuaikan data sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan. Misalnya dalam suatu data anda ingin menggabungkan antara nama depan dan belakang menjadi nama lengkap. Nah, excel tidak mempunyai fungsi bawaan yang bisa menggabungkan data tanpa menghilangkan data tersebut. Jika anda langsung menggunakan merge & center nantinya data akan terhapus. Oleh sebab itu anda perlu melakukan beberapa cara untuk menggabungkan data tanpa menghapus data tersebut.

Concatenate

Nah, langkah pertama yang bisa anda lakukan jika ingin menggabungkan berbagai data di excel dengan memanfaatkan rumus concatenate. Rumus ini dapat anda gunakan untuk menggabungkan beberapa cell yang terletak pada baris dan kolom yang berbeda, menggabungkan beberapa cell yang terletak pada baris yang sama serta menggabungkan beberapa cell sekaligus pada kolom yang sama.

Fungsi dari rumus concatenate digunakan ketika anda ingin menggabungkan beberapa data sekaligus menjadi satu data yang utuh. Nah, fungsi ini bisa anda temukan di hampir semua versi Microsoft excel. Anda juga dapat menggabungkan fungsi ini dengan fungsi TEXT misalnya anda ingin menggabungkan tempat dan tanggal lahir di excel.

Syntax dari fungsi Concatenate pada excel yakni =CONCATENATE (Teks1; [Teks2};…). Nah, Teks 1 berisi teks pertama yang ingin anda gabungkan dan teks 2 berisi data yang ingin anda gabungkan dengan teks 1. Hal yang perlu anda perhatikan adalah apapun input data yang anda berikan, nantinya output data akan tetap berbentuk angka atau sering disebut sebagai data numerik.

Baca Juga:  2 Cara Membuka Password Excel dengan Mudah

cara menggabungkan kolom di excel

 Ampersand

Selain Concatenate anda juga bisa melakukan cara menggabungkan kolom di Excel dengan menggunakan operator teks yang berupa simbol Ampersand (&). Symbol ini bisa anda gunakan untuk menggabungkan teks atau isi dari beberapa cell. Misalnya anda ingin menggabungkan data yang terletak di A2 dan B2, anda bisa menggunakan =A2&” “&B2 selanjutnya anda hanya perlu melakukan copy paste data dari A2 dan tinggal menggabungkan keduanya.

Fill-Justify

Langkah ketiga yang bisa anda pilih jika anda ingin tahu cara menggabungkan kolom di Excel yakni dengan menggunakan perintah fill—justify. Cara ini akan efektif jika data yang anda gabungkan bukan sebuah data yang dinamis atau data yang berubah – ubah. Nah, langkah yang bisa anda lakukan jika anda ingin menggunakan perintah ini yakni pertama lakukan seleksi pada data. Lalu kedua, anda bisa memperlebar ukuran kolom hingga dapat menampung hasil gabungan dari teks yang nantinya akan anda gabungkan.

Setelah memperlebar ukuran kolom maka anda bisa masuk ke tab home lalu pilih editing selanjutnya fill dan terakhir justify. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa menu ini hanya bisa digunakan untuk menggabungkan data berupa kata atau teks, jika anda ingin menggabungkan data numerik atau data berupa angka maka akan lebih disarankan jika anda menggunakan rumus concatenate. Selain itu hal lain yang harus anda perhatikan jika menggunakan fitur fill—justify maka hanya dapat menampung 255 karakter.