3 Cara Mengetahui Product Key Windows 10

cara mengetahui product key windows 10

Jika anda ingin mengaktivasi windows 10 yang anda miliki bisa dilakukan dengan menggunakan product key atau lisensi yang anda dapatkan dari Windows. Nah, jika anda ingin mencari lisensi dari Windows sebenarnya ada beberapa jenis lisensi yang bisa anda gunakan saat ini dan setiap lisensi tersebut berbeda fungsinya. Lalu, bagaimana cara mengetahui product key windows 10?

Definisi Product Key

Sebelum mencari tahu cara untuk mengetahui product key, sebenarnya apa itu product key? Product key merupakan kumpulan huruf atau angka acak yang sering digunakan untuk mengidentifikasi sebuah program atau game. Biasanya anda sebagai user akan memasukkan product key saat melakukan pemasangan aplikasi. Key juga berguna untuk mencegah terjadinya plagiasi dari sebuah software. Nah, beberapa aplikasi juga bisa dipasang tanpa product key pada masa trial atau masa uji coba.

Full Packaged Product

Lisensi ini sering dikenal sebagai lisensi retail yang bisa anda dapatkan jika anda membeli windows di toko yang menjual lisensi secara legal. Umumnya jika anda membeli produk legal akan diberikan beberapa hal misalnya dus / box, disk, manual book, serta product key yang dapat digunakan untuk mengaktivasi windows.

Uniknya, jika anda menggunakan produk retail anda bisa memindahkan lisensi dari satu komputer ke komputer yang lain namun sayangnya anda tidak bisa menggunakannya dalam waktu yang bersamaan. Jadi, bagaimana maksudnya? Jika anda ingin memindahkan lisensi dari satu komputer ke komputer yang lain anda harus menghapus atau melakukan non-activated pada komputer lama yang sudah didaftarkan lisensinya.

cara mengetahui product key windows 10

Original Equipment Manufacture

Jika anda pernah mendengar tentang produk OEM artinya lisensi yang tertanam dalam produk tersebut merupakan lisensi yang berasal dari perusahaan laptop dimana anda membeli laptop yang tidak diinstal oleh pihak toko. Umumnya, lisensi OEM akan ditandai dengan stiker windows di bagian laptop yang disertai product key. Jadi, jika anda ingin mencari cara mengetahui product key windows 10 untuk produk OEM maka anda bisa mengecek bagian bawah laptop anda.

Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Atau Sementara Terlengkap dan Anti Ribet

Kelebihan dari lisensi OEM yakni anda tidak perlu dana tambahan untuk membeli lisensi windows lagi karena semuanya sudah tercover. Akan tetapi jika nantinya terjadi masalah pada lisensi tersebut anda tidak akan bisa mendapatkan support dari Microsoft akan tetapi dari vendor laptop itu.

Langkah Mudah Cek Lisensi Windows 10

Nah, jika anda sudah tahu ada beberapa jenis lisensi windows yang ada saat ini. Jika anda ingin mengeceknya anda bisa melakukan dua cara. Langkah pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan mengecek melalui command prompt. Anda bisa lakukan dengan cmd dari kolom run atau taskbar kemudian anda bisa tekan enter.

Langkah kedua yang bisa anda lakukan juga bisa melalui command prompt. Ketik perintah “slmgr –dli” hilangkan tanda petik, kemudian tekan enter. Jika anda menggunakan windows original maka tinggal search dan tuliskan activation, akan langsung muncul kode aktivasi dan keterangan product key.

Jika masih kebingungan, sebenarnya anda juga bisa menggunakan software misalnya keyfinder. Nah, jika anda menggunakan keyfinder anda hanya perlu menginstal. Ikuti tahapan instalasi lalu anda bisa menggunakan software tersebut untuk mencari product key dari windows yang anda gunakan. Jangan lupa sebaiknya segera simpan product key sebagai antisipasi. Jadi, selamat mencoba cara mengetahui product key windows 10.